Bimtek dan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Data dan Informasi Berbasis Distrik

Category: Dokument | Posted date: 2018-12-12 19:34:46 | Updated date: 2018-12-12 20:05:54 | Posted by: Admin User


Dalam rangka Optimalisasi Distrik sebagai pusat Data dan Informasi Bappeda lakukan Bimtek


Bimtek dan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Data dan Informasi Berbasis Distrik

Sentani, 12 Desember 2018. 
Sebagai upaya menindaklanjuti kebijakan DIstrik sebagai Pusat Data dan Informasi, maka Bappeda Kabupaten Jayapura melakukan Bimbingan Teknsi dan Peningkatan Kapasitas terhadap Aparat Distrik di Wilayah Kabupaten Jayapura.
Dalam arahan Pembukaan kegiatan, Sekretaris Bappeda, Parson Horota, S.Sos, M.Si menyampaikan bahwa Bimtek ini sebagai upaya untuk mendorong Distrik sebagai pusat data dan informasi sebagaimana arah kebijakan pembangunan daerah tahun 2018-2022, dimana diharapkan pada tahun 2020 nanti Seluruh Distrik dapat mengoptimalkan pemanfatan teknologi dalam menyediakan data dan informasi pembagunan di lingkup distrik. kebijakan distrik sebagai pusat data dan informasi merupakan salah satu dari kebijakan daerah dalam rangka pemberian kewenangan kepada Distrik sebagai pusat Pelatihan, Puasat Pemberdayaan, Pusat Pertumbuhan dan Inofasi serta pusat pengetahuan. dimana agenda ini sudah mejadi agenda nasioanal yang di fasilitasi oleh Bappenas untuk mejadikan Kabupaten Jayapura sebagai Pilot Projet yang akan diounching pedomannya pada tanggal 14 desember 2018 di Jakarta. 

Foto Penutupan kegiatan




sebagai narasumber pada kegiatan tersebut, hadir DR. SUMEDI direktur Daerah tertinggal dan transmigrasi Bappenas, serta Prof. Akbar Silo, akademisi UNCEN sekaligus sebagai ketua Tim Percepatan Pembangunan Kabupaten Jayapura, yang menyajikan materi tentang Distrik Membangun dan Membangun Distrik. inti dari materi tersebut adalah bagaimana kerangka kerja kebijakan pemberdayaan distrik sebagai pusat pembangunan, sehingga kebijakan pembangunan lebih didekatkan kepada masyarakat. diharapkan dari kegiatan tersebut ada tindak lanjtu yang dilakukan, dimana sejauh ini Bappeda Kabupaten Jayapura sudah memulai pengembangan model data berbasis kampung dan distrik dengan memanfaatkan teknologi berbasis web sehingga kedepannya desain distrik sebagai pusat data dan informasi akan dikombinasikan bersama tim percepatan dan bappeda untuk peningkatan kapasitas, sertaa model data yang terpusat dari tingkat kampung sampai tingkat kabupaten.